Agropolitan : Membangun Ekonomi Perdesaan

book2PenulisErnan Rustiadi & Sugimin Pranoto
Terbit: 2007

Buku tentang agropolitan ini merupakan lanjutan dari buku tentang agropolitan sebelumnya.Pada Buku sebelumnya, Agropolitan:Penataan Kawasan Desa-Kota Berimbang yang lebih banyak berisi tentang konsep dasar tentang Agropilitan merupakan hasil seminar agropolitan di tahun 2004. Dua tahun setelah konsep agropolitan mulai dilaksanakan dibeberapa provinsi. Pendekatan agropolitan semakin sering dibicarakan sebagaicara untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul dalam interaksi kota-desa, seperti urbanisasi berlebihan, brain drain, dan eksploitasi sumberdaya dari desa ke kota.

Buku ini berisi tentang perkembangan gagasn konsep agropolitan dan implementasinya yang telah berjalan lebih dari tiga hingga 5lima tahun di Indonesia, sebagai sebuah gagasan terus berkembang, semakin fokus dan dalam.Buku ini mencoba melihat gagasan tersebut dengan ‘menyambungkannya’ dengan konsep-konsep ekonomi yang menjadi dasar pijaknya dan mensitesakan dengan implementasinya. Ruang di antara teori dan praktek ini yang coba diteorisasikan lagi.

Sebagaisebuah lembaga yang berkecimpung dalam mempromosikan semangat otonomi dalam pengaturan ruang, Crestpent Press menyorongkan dan memfasilitasi wacana tentang agropolitan, mengingat pembangunan perdesaan berperan besar dalam ketahanan dan kedaulatan ekonomi nasional. Terlebih ‘ide’ agropolitan sekarang sudah menjadi ‘materi’ dalamsistem hukum Indonesia dengan adanya UU No.26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

label,

About the author

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *