Pengembangan Model Ecovillage

pengembangan-model-ecovillagePenulis: Euis Sunarti
Terbit: 2011

Pengembangan Model ecovillage ini dimaksudkan untuk menyediakan landasan teoritis dan kerangka kerja ecovillage dari beragam sudut pandang keilmuan. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi landasan implementasi pengembangan ecovillage di lapangan. Dengan Luasnya ruang lingkup dan dimensi ecovillage, sehingga naskah akademis ini disusun oleh tim ahli dari berbagai disiplin keilmuan, multi-departemen serta multi-fakultas di Institut Pertanian Bogor.

Pengembangan ecovillage dipandang penting karena memiliki berbagai tujuan dan manfaat. Pertama, sebagai jalan keluar ketimpangan dan ketidakseimbangan pembangunan wilayah perkotaan & perdesaan dengan mengembalikan kehidupan perdesaan yang nyaman dan menyediakan kesempatan dan peluang usaha bagi terpenuhinya kebutuhan dasar serta kebutuhan berkembang penduduknya. Kedua, sebagai upaya untuk menurunkan kepadatan di perkotaan, menurunkan urbanisasi dan segala konsekuensinya melalui pemerataan pembangunan dan peningkatan kualitas kehidupan di perdesaan. Ketiga, sebagai upaya optimalisasi sumber daya alam dan efisiensi penggunaan bahan bakar, sehingga mendorong kemandirian energi masyarakat perdesaan. Dengan demikian diharapkan akan Upaya meningkatkan kualitas kehidupan individu, keluarga dan masyarakat, khususnya yang tinggal di perdesaan.

Penyusunan naskah akademik pengembangan model ecovillage ini merupakan bentuk peningkatan sumbangan keilmuan terhadap pembangunan pedesaan dan pertanian, sebuah wahana yang sudah sepatutnya dilakukan IPB sebagai institusi pendidikan terdepan dalam pembangunan perdesaan dan pertanian. Tidak mudah untuk mewujudkan ecovillage, karena beragam tantangan yang menyertainya. Bagi sebagian orang, mewujudkan ecovillage laksana mimpi. Oleh karena itu, naskah akademik ini hadir sebagai langkah awal untuk mewujudkan mimpi itu menjadi nyata untuk kehidupan manusia yang berkualitas dan berkelanjutan.

Tags : ,