P4W Gandeng Prodi Ekowisata SV-IPB Kembangkan Desa Dampingan di Sukabumi

25 Mei 2021, P4W-LPPM IPB bersama Prodi Ekowisata, Sekolah Vokasi – IPB mengadakan pembicaraan awal guna membangun sinergi antara pusat studi dan program studi dalam kegiatan pendampingan pada salah satu desa binaan P4W yakni Kampung Sukagalih, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

Dalam diskusi yang dipandu oleh Arief Rahman (Kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan Komunitas P4W-LPPM IPB) dan dihadiri oleh Iskandar Lubis (Kepala P4W-LPPM IPB), Kania Sofiantina Rahayu (Ketua Prodi Ekowisata), Insan Kurnia (Sekretaris Prodi Ekowisata), dan para peneliti P4W, dipaparkan diantaranya mengenai potensi-potensi wisata yang ada di Kampung Sukagalih, antara lain sungai yang menjadi hulu dari Sub DAS Citarik, hutan damar, dan aktivitas pertanian yang dijalankan oleh warga setempat (sawah, pertanian hortikultura dan peternakan domba garut). Potensi ini menjadi semakin memikat dengan semakin membaiknya aksesibiitas Desa Cipeuteuy sebagai buah dari pengembangan tol Bocimi.

Dalam rencana kolaborasi ini, aktivitas yang dijalankan tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa saja namun juga akan melibatkan dosen-dosen Prodi Ekowisata. Selain itu, aktivitas yang akan dijalankan direncanakan tidak hanya berada dalam lingkup pengabdian kepada masyarakat semata, namun juga akan mencakup aktivitas penelitian dan publikasi.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan proses pendampingan yang dijalankan di Desa Cipeuteuy akan dapat memberi manfaat lebih pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekowisata yang sekaligus berkontribusi positif bagi kelestarian kawasan konservasi di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dan kawasan hulu dari Sub DAS Citarik.

label, ,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *