Kunjungan Mahasiswa Ostrava University di IPB University

 

Bukan suatu hal yang langka jika IPB University kedatangan tamu mahasiswa asing, namun untuk pertama kalinya IPB University kedatangan tamu dari Ostrava University. Ostrava University terletak di Kota Ostrava, Wilayah Moravian SilesiaRepublik Ceko. Kunjungan tersebut adalah sebagai salah satu rangkaian kegiatan program dari Erasmus+. Kunjungan dilakukan dari 16 Mei – 19 Mei 2022 dengan beranggotakan enam orang mahasiswa dan satu dosen Ostrava University (OSU). Selama berkegiatan di IPB University para mahasiswa OSU banyak mengunjungi tempat-tempat menarik, seperti ATP (Agribusiness Technology Park), yaitu kawasan etalase inovasi IPB yang melaksanakan kegiatan bisnis di bidang hortikultura, pelayanan pendidikan dan pengabdian masyarakat, mengunjungi Kebun Raya Cibodas, tempat wisata paralayang, tempat wisata Telaga Saat dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Dari banyak kunjungan yang dilakukan, salah satu tempat yang dikunjungi adalah P4W-LPPM IPB sebagai salah satu pusat di IPB University yang melaksanakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Kunjungan di tanggal 18 Mei 2022 diawali dengan mengunjungi Kebun Raya Bogor pada pagi hari, yang kemudian dilanjutkan dengan mengunjugi P4W pada siang harinya. Bertempat di Aula Ahmad Baehaqie P4W-LPPM IPB, para mahasiswa menghadiri kuliah umum dari Prof. Jan Ženka sebagai dosen di Department of Human Geography and Regional Development (Faculty of Science), Ostrava University dengan judul “Urban form and spatial patterns of knowledge-intensive economic activities”. Kuliah umum tersebut dimoderatori oleh Dr. Ernan Rustiadi, dan dihadiri oleh beberapa dosen serta mahasiswa S1, S2, maupun S3 IPB.

   

Bukan hanya mengunjungi P4W, para mahasiswa diajak melihat desa binaan P4W yang berada di Kampung Cibulao, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Cibulao yang terkenal dengan kopinya yaitu “Kopi Cibulao”, mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan dengan kopi lainnya. Kopi Cibulao sudah menjadi kopi nomor satu di Kabupaten Bogor yang banyak diminati oleh para penikmat kopi. Didampingi oleh Dr. Andrea Emma Pravitasari selaku peneliti P4W, para mahasiswa diajak melihat kebun kopi serta proses pengolahan pasca panen, yaitu mulai dari ceri kopi menjadi biji kopi siap giling secara langsung. Malam harinya para mahasiswa diajak untuk berdiskusi dengan para petani kopi Cibulao sebelum esok harinya mereka kembali lagi ke penginapan.

label, , , , , ,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *